Rabu, 20 Februari 2013

Teladan Kita

Teladan umat


اَلْحَمْدُ لله رَبِّ العا لمين نحمده ونستعينه ونستغفره ونتوب إليه و نعوذ با لله من شرور أنفسنا وسيِّأ ت أعمالما من يهدالله فلا مضلَّ له و من يضلل فلا هادي له. أشهد أن لا إله إلا الله و حده لا شريك له وأشهد ان محمّداً عبده ورسوله والصلاةُ والسلام على نبينا محمّدٍ و على آلهِ و اصحابه ومن تبعه إلى يومدين.أما بعد:

Kerusakan akhlakmu kepada allah karena kerusakan akidahmu.
karakter seseorang memberikan ciri khas kehidupan pribadi dan cerminan hidupnya. Bila karakter itu diwadahi oleh aturan-aturan Allah dan Rasul-nya, niscaya kepribadiannya akan mencerminkan kehidupan yang baik. Begitupula sebaliknya. Maka alangkah indahnya apabila kepribadian kita dihiasi dengan kaakter dan akhlak yang terpuji dan mulia. Dia lah rasulullah saw yang telah memberikan contoh dan suri tauladan kepada kita, Allah subhanahuwata’ala telah memuji beliau tentang kemuliaan akhlaknya.
Firman Allah:
وإنَّكَ لَعَلَى خُلُقٍ عَظِمٍ
“Dan sesungguhnya kamu berada diatas akhlak yang besar”(Al-Qolam:4)

Diriwayatkan oleh imam muslim dalam shohih beliau (no.746) dari jalan hisyam bin ‘Amir, bahwa dia berkata: wahai ummul mukminin! Beritahukan kepadaku akhlak Rasulullah saw? Dia (‘Aisyah ra.) berkata: “bukankah kamu membaca Al-Qur’an ?” Aku menjawab: “iya.” Kemudian dia berkata:
كان خلقه القرآن
“akhlak beliau adalah al-qur’an.”

Sugguh telah terkumpul pada diri rasulullah segala sifat terpuji dan mulia seperti, pemalu, dermawan, berani, murah hati, lemah lembut, kasih sayang, bagus pergaulan, jujur di dalam berkata, menjaga diri dari segala perbutan yang jelek, suci lahiriyah dan batiniyah, dan sebagainya dari sifat yang tinggi. Maka pantaslah Allah swt menjadikannya sebagi imam para nabi dan rasul serta imam orang-orang yang bertaqwa dan suri tauladan dalam kehidupan. Hal ini ditegaskan oleh Allah dalam Firman-nya:
“sungguh telah ada bagi kalian pada diri rasulullah suri tauladan yang baik.”



sastra muhamad hafidz abdullah al-baroya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar